Diabetes Ancam Keselamatan Ibu dan Janin

Kesehatan calon ibu memang tidak bisa ditawar menjelang kehamilan. Untuk memastikan tubuh dalam kondisi optimal untuk kehamilan sehat, periksalah kesehatan sebelum sang calon ibu hamil. Pemeriksaan diabetes pada calon ibu sebelum konsepsi mampu menekan risiko komplikasi kehamilan dan kecacatan janin.  Hal ini merupakan salah satu tugas penting para calon Ayah, mengapa demikian? karena calon ibu sangat bergantung dari kesiapan sang calon Ayah dalam mempersiapkan segalanya.

Dr Rosemary C. Temple dari Norfolk and Norwich University Hospital di Inggris menyatakan hal ini, setelah melakukan riset. Wanita yang mengidap diabetes tipe 1, kandungannya berisiko lebih besar mengalami kelainan pertumbuhan. Kemungkinan lain, bayinya meninggal beberapa saat setelah lahir. Kondisi ini akibat kadar gula darah yang tidak terkontrol. Karenanya, pastikan Anda memeriksakan kesehatan ke dokter agar kadar gula darah bisa dimonitor. Jika dilakukan sebelum dan semasa kehamilan, gangguan pertumbuhan janin bisa dihindari.

Dari 290 ibu hamil penderita diabetes tipe 1 yang dipantau kadar gula darahnya, 110 diantaranya menjalani tes kesehatan sebelum kehamilan. Tidak bisa dibantah, hasilnya lebih baik bagi kelompok yang mengontrol kadar gula darah selama kehamilan. Angka kelahiran bayi yang meninggal atau mengalami kecacatan tidak lebih dari 2,9%. Dan hanya 5% bayi yang lahirnya prematur.

Sebaliknya, mereka yang tidak pernah memeriksakan kesehatan sehingga tidak bisa mengontrol kadar gula darah, angkanya lebih buruk. Bayi yang meninggal atau mengalami kecacatan mencapai 10% dan 14,2 yang terlahir prematur. Karenanya, jangan tunda segera periksa kesehatan sebelum sang calon ibu hamil.

Advertisements

Comments are closed.